Friday 4 January 2013

FOKUS

Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku. (Filipi 3:13)

    Mengawali sebuah tahun biasanya seseorang mulai mengevaluasi apa saja komitmen yang sudah terlaksana dan rancangan awal tahun sebelumnya yang belum dan tidak dapat terlaksana. Sebuah evaluasi penting untuk menjadi tolok ukur rancangan di tahun selanjutnya.
    Paulus menasehati jemaat Filipi agar mereka tidak terlalu bangga dengan pencapaian-pencapaian, tetapi fokus dengan tantangan yang ada di depan. Pencapaian seseorang kadang membuat-nya menjadi terlena. Fokus kepada masa lalu membuat seseorang enggan melangkah maju, tidak bisa melihat kesempatan dan cenderung mengandalkan pengalaman. Padahal hidup itu progressive, terus mengalami kemajuan dan perbedaan jaman. Kita mengenal Paulus. Sosok Rasul yang satu ini memiliki pencapaian-pencapaian yang sangat membanggakan menurut ukuran prestasi manusiawi pada jamannya. Seorang Ibrani, berarti memiliki posisi sebagai bangsa yang dikasihi Tuhan. Warga negara Romawi, sebuah hak istimewa yang memungkinkannya bergerak bebas di jaman itu. Penganut Taurat yang tidak bercacat, sebuah cerminan moral yang tidak perlu diragukan kualitasnya. Yang lebih hebat Paulus sudah terpilih sebagai anggota Sanhendrine, sebuah dewan Mahkamah Agama Yahudi yang sangat dihormati dan memiliki akses untuk kehormatan dan kekayaan.
    Namun prestasi yang didapatnya seolah sirna ketika ia ditangkap Yesus. Kemuliaan yang dijanjikan Allah ia pahami jauh lebih hebat dari apa yang ia terima selama ini. Namun inipun tidak lantas membuatnya berhenti dalam pencapaian hidup. Ia terus maju.
    Apapun pencapaian yang kita terima di dunia ini, hendaknya tidak membuat kita melupakan panggilan yang Tuhan berikan untuk kita. Apapun bidang yang kita tekuni seharusnya menjadi ikatan panggilan Tuhan atas hidup kita. Agar kita sukses memenuhi panggilan diperlukan fokus ke depan. Prestasi masa lalu bukanlah sesuatu yang harus dibanggakan, namun menjadi penyemangat bahwa kita memiliki masa depan yang jauh lebih baik. Tentu bukan saja di alam yang akan datang tetapi juga di sini, di mana kita berdiri saat ini. Selamat mengarungi tahun 2013, WALKING BY FAITH

No comments:

Post a Comment