Tuesday 11 September 2018

JANGAN TAKUT 18


Kata Jangan takut ke -18 dalam Alkitab menegaskan bahwa kemenangan terhadap sebuah masalah tergantung kepada kehendak surga:
Ashley Dawn Loogins, gadis tunawisma yang sangat lekat dengan kemiskinan, akhirnya berhasil lulus sebagai sarjana di Universitas Harvard yang sangat bergengsi di Amerika Serikat. Bagaimanakah seorang gadis tunawisma bisa kuliah di sekolah elit yang menjadi dambaan banyak orang ini? Semuanya didapatkannya karena ia tidak kenal menyerah dalam berjuang.
Dilahirkan dalam keluarga pecandu narkoba yang meninggalkannya begitu saja pada neneknya, Ashley bertumbuh dalam kemiskinan, sampai-sampai ia harus memakai baju yang sama terus setiap harinya untuk pergi ke sekolah. Saat masuk SMA, seorang pengurus sekolah memberinya pekerjaan sebagai tukang pembersih WC. Di saat teman-temannya yang lain mengisi waktu istirahat dengan santai, Ashley harus membersihkan WC sekolah, dan ketika pekerjaanya itu sudah selesai, ia masuk ke perpustakaan dan belajar disana.
Semangat juang dan ketekunannya inilah yang akhirnya mengantarkan Ashely masuk ke Harvard University, sebuah kemenangan luar biasa yang belum tentu bisa didapatkan oleh orang yang memiliki uang namun tidak memiliki semangat juang seperti Ashley.
Kemenangan dalam hidup tidak terpengaruh / tergantung pada seberapa besar masalah. Yang penting harus BERANI keluar untuk menghadapi masalah kita. Lari dari masalah hanya akan menimbulkan masalah baru.
Sangat manusiawi kita mengalami kegentaran saat menghadapi sebuah masalah yang sulit. Apalagi kelihatan cenderung mustahil. Akan tetapi sesungguhnya ALLAH sudah menghitung setiap persoalan yang diijinkan-NYA mendera saya dan Saudara. Peperangan hidupmu tidak ditentukan seberapa besar musuhmu, tapi seberapa besar penyerahan dirimu kepada TUHAN.
Saat kita tidak mampu, ALLAH yang akan bertindak dalam karya yang perkasa.
Samaria mengalami kelaparan hebat akibat kepungan hebat dari Benhadad raja Aram (II Raj 6-7). Karena hebatnya kelaparan, maka mereka memakan tahi merpati ( II Raj 6:25), bahkan bayi-bayi ( II Raj 6: 28-29) tidak luput mereka makan agar bertahan hidup. Dalam situasi sangat sulit itu, semua orang berpikir semua sudah berakhir dalam kegagalan.
Pandangan mereka (diwakili oleh perwira yang menjadi ajudan raja) Samaria dikepung dengan masalah kritis, tapi bagi Elisa, ALLAH sedang mengumpulkan berkat berlimpah bagi Samaria. Dan benar, saat harapan kelihatannya semakin terbang ke awan-awan, saat itulah TUHAN turun tangan. Tentara Benhadad melarikan diri Sebab TUHAN telah membuat tentara Aram itu mendengar bunyi kereta, bunyi kuda, bunyi tentara yang besar, sehingga berkatalah yang seorang kepada yang lain: "Sesungguhnya raja Israel telah mengupah raja-raja orang Het dan raja-raja orang Misraim melawan kita, supaya mereka menyerang kita.". Karena itu bangkitlah mereka melarikan diri pada waktu senja dengan meninggalkan kemah dan kuda dan keledai mereka serta tempat perkemahan itu dengan begitu saja; mereka melarikan diri menyelamatkan nyawanya.
Ketika segala sesuatu kelihatannya tidak mungkin, percayalah Mujizat masih ada. Selamat berjuang menghadapi samudera kehidupan Anda hari ini dan hari-hari selanjutnya. Jangan takut, sebagaimana ALLAH sudah menyertai dan berperang bagi Anda hari kemarin, demikainlah yang akan dilakukan ALLAH hari ini, esok bahkan sampai Sorga memanggil kita.


Ulangan 20:1.
"Apabila engkau keluar berperang melawan musuhmu, dan engkau melihat kuda dan kereta, yakni tentara yang lebih banyak dari padamu, maka janganlah engkau takut kepadanya, sebab TUHAN, Allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir, menyertai engkau.

Seri Jangan Takut
Bagian ke - 18




No comments:

Post a Comment