Friday 10 March 2023

ANDA PASTI BISA

 

ANDA PASTI BISA

 

Maka aku menjawab: “Ah,  Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara sebab aku ini masih muda.”

Yremia 1:6

 

            Dalam tradisi Israel, anak-anak usia dibawah 12 tahun wajib menghafal seluruh hukum Taurat. Tepat usia 12 tahun anak-anak itu akan diwisuda dan untuk pertama kalinya diperbolehkan mengikuti kegiatan di Bait Allah. Setelah itu mereka akan belajar lagi kepada rabbi sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Anak-anak yang sangat berbakat akan diambil murid oleh rabbi-rabbi terkenal, sedang mereka dengan kemampuan standar akan diajar oleh rabbi yang kurang terkenal. Sampai usia  30 tahun maka mereka baru dianggap layak untuk berbicara di depan umum. Sebab itu tidak heran jika Yesus diperbolehkan tampil sebagai pengajar ketika usia 30 tahun (Lukas 3:23).

            Yeremia lahir tahun 645 SM dan mulai pelayanan pada masa pemerintahan raja Yosia sekitar tahun 627 SM. Dari sini kita tahu bahwa Yeremia masih sangat muda, yakni sekitar 20 tahun, sebuah usia yang dalam tradisi Yahudi belum diperbolehkan berbicara di depan umum. Maka tidak heran jika kemudia Yeremia menolak panggilan kenabian-nya karena merasa belum fasih bicara dan belum cukup usia. Ini sangat dimengerti secara akali karena Yeremia harus berhadapan dengan orang Yahudi yang terkenal keras  kepala, tegar tengkuk, dan suka memberontak. Yeremia muda tentu menolak panggilannya dengan berbagai alasan itu.

            Tetapi Allah bukanlah manusia yang memberikan tugas tanpa perhitungan matang atau sekedar coba-coba. Memang Yeremia masih sangat muda dan belum layak menurut perhitungan manusia. Ketika Allah memberi kepercayaan maka Allah akan memperlengkapi kita sesuai tugas yang harus kita emban (Yer 1:7-10). Terbukti, Yeremia sanggup menyelesaikan tugasnya meski menghadapi berbagai tantang berat.

            Saya tidak tahu panggilan seperti apa yang Tuhan berikan kepada Anda. Saya percaya setiap kita dipanggil dengan cara dan kepercayaan yang unik. Masing-masing kita berbeda, sebagaimana tubuh Kristus berbeda-beda dengan tujuan yang sama. Entah Anda dipanggil di pelayanan secara fulltimer, atau Anda dipanggil secara parttimer, atau Anda dipercaya untuk melayani di marketplace. Saya yakin, banyak diantara Anda yang coba bernegosiasi dengan Tuhan. Tidak sedikit juga yang berkata seperti Yeremia, mungkin kasus dan kalimatnya tidak sama, namun spiritnya serupa yakni menolak dengan alasan tidak mampu.

            Oswald Chambers berkata: “Jika Roh Allah Yang Mahakuasa bekerja, jangan pernah berkata, aku tidak bisa.” Percayalah Allah sudah berhitung dengan matang ketika memberi Anda sebuah tugas! Dia akan memperlengkapi Anda sehingga sangup menyelesaikan tugas. Stop  mengeluh, stop negosiasi dengan Tuhan. Saatnya Anda tunduk dan siap melakukan apapun yang Tuhan percayakan kepada Anda. Lakukan tugas yang Tuhan bebankan sebagai sebuah kehormatan. Saya mau memberitahu, banyak orang di luar sana yang sangat mengharapkan menerima tugas seperti Anda. Jangan sampai kehormatan yang Tuhan berikan kepada Anda jatuh ke tangan orang lain. Anda mampu menyelesaikan panggilan Anda, meski berat, Allah memperlengkapi Ana. Selamat berjuang menyelesaikan panggilan Anda di muka bumi. Tuhan Yesus memberkati.

 


No comments:

Post a Comment