Wednesday 25 April 2018

JANGAN TAKUT 3

Apa yang ada dalam pikiran Anda, saat usaha sudah berjalan baik lalu digusur oleh pemerintah dan harus meninggalkan wilayah itu, padahal usaha sedang berkembang bagus. Anda kehilangan pelanggan dan kehidupan Anda selanjutnya terancam. Kehidupan saat ini mungkin lebih mudah karena terkoneksi dengan jaringan seluler. Beda dengan Ishak. Orang ini sangat kaya memang, tetapi bagaimanapun juga kehidupannya terancam setelah dipaksa pindah dari tanah yang diolahnya sehingga menghasilkan dengan sangat baik. Bukan saja hasil panen, namun juga kepastian ketersediaan air dan rumput untuk ternaknya.
Sekarang Ishak harus mencari tanah yang baru, harus mengolah dari awal. Tekanan yang dihadapi tidak berhenti, ketika Ishak dan segala miliknya membutuhkan air dalam prosesi migrasi, mereka menggali sumur yang pernah digali Abraham di Gerar. Mereka mendapati air yang “membual-bual”, namun harus direlakan karena direbut paksa para gembala lokal. Dua sumur yakni Esek dan Sitna harus diserahkan dengan kerelaan hati.
Sikap hati yang benar memberikan buahnya saat mereka menggali sumur Rehobot. Ishak mulai tenang mencicipi buah kesabarannya. Kemuliaan lain Tuhan nyatakan ketika Ishak sampai di Bersyeba dan memulai usaha di sana. Orang yang takut Tuhan tetap berada dalam mujizat-NYA. Abimelek raja Gerar yang telah mengusirnya harus datang merendahkan diri hanya untuk berdamai. Orang yang memiliki kemurnian hubungan dengan TUHAN, dijaga TUHAN bahkan di “perlihatkan” kepada dunia bagaimana dia diberkati.
Ishak harus bersyukur karena dilahirkan oleh Abraham, orang yang takut TUHAN, sehingga tudung rohani Abraham tetap berlaku meski Abraham sudah tiada. Bersyukurlah jika Anda memiliki orang tua yang takut TUHAN, tudungnya akan tetap menyertai Anda meski beliau sudah bersama TUHAN. Jika Anda dilahirkan dari keluarga yang tidak takut TUHAN, saatnya Anda yang harus takut TUHAN agar anak cucumu berada dalam tudung rohani Anda. 


Kejadian 26:24
Lalu pada malam itu TUHAN menampakkan diri kepadanya serta berfirman: "Akulah Allah ayahmu Abraham; janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau; Aku akan memberkati engkau dan membuat banyak keturunanmu karena Abraham, hamba-Ku itu."

Seri: Jangan takut
Hari ke 3

No comments:

Post a Comment