Sunday 29 April 2018

JANGAN TAKUT 8


Bayangan sering lebih menakutkan dibanding dengan fakta. Imajinasi yang dikembangkan dari hasil angan-angan berdasarkan perkiraan manusia menghasilkan cerita fiksi. Tidak heran jika kekaguman akan laba-laba terciptalah Film Spiderman. Dari kekaguman akan robot terciptalah film transformer atau terminator. Bahkan ikan Hiu, ular, gurita juga dijadikan bahan fiksi olahan imajinasi manusia terciptalah film box office yang menghasilkan keuntungan besar.
Dibagian akhir ayat JANGAN TAKUT dari kitab Kejadian, memastikan bahwa ketakutan akan bayangan yang akan terjadi, terutama masa depan seharusnya tidak dimiliki oleh orang percaya. Masih dalam konteks ketakutan anak-anak Israel kepada Yusuf yang sangat mungkin masih memendam dendam membuat mereka mengalami ketakutan akan sebuah fiksi yang mereka ciptakan sendiri. Namun saat mereka berani menghadapi masalah yang menentukan masa depan mereka ternyata jauh dari bayangan itu.
Masalah bukan untuk kita bayangkan penyelesaiannya, melainkan harus kita hadapi. Anda tidak bisa berandai-andai dengan masa depan. Kesalahan utama manusia karena tidak melibatkan Tuhan dalam merancang masa depannya, padahal TUHAN lah yang mengerti betul akan masa depan kita (Yak 4:13). Anda juga harus paham bahwa Allah memiliki rancangan yang penuh dengan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan (Yer 29:11). Anda bisa meraih masa depan jika terus melibatkan Tuhan yang menyertai setiap langkah Anda (Ibr 13:5; Maz 37:23)

Kejadian 50:21
Jadi janganlah takut, aku akan menanggung makanmu dan makan anak-anakmu juga." Demikianlah ia menghiburkan mereka dan menenangkan hati mereka dengan perkataannya.

Seri: JANGAN TAKUT
Hari ke – 8

No comments:

Post a Comment