Wednesday 25 April 2018

JANGAN TAKUT 4

Ben Oni memiliki arti Anak Kesengsaraan, kesedihan, kemalangan. Sebuah nama yang hanya sekali muncul dalam Alkitab, yakni anak bungsu Rahel. Ini adalah satu-satunya nama pemberian sang ibu yang tidak lagi disebut. Lea dan Rahel memberi nama kepada anak-anaknya sesuai dengan pergumulan mereka, namun Yakub segera mengganti nama Ben Oni dengan Benyamin (Anak tangan kananku, kesayangan, kekuatan, kebahagiaan, bernasib baik).
Rahel dari awal sudah melihat gelagat yang tidak baik dengan kehamilan dan kelahiran anak bungsunya ini. Dalam ketakutan dan kesakitannya Allah memberikan penghiburan dengan kelahiran anak laki-laki yang tentu sebuah penghargaan besar dalam budaya Israel. Dari seorang yang sepertinya tidak akan pernah punya anak (mandul) yang juga berarti aib besar karena dianggap terkena kutuk, Rahel melahirkan dua anak laki-laki.
Hampir seluruh budaya di dunia ini memandang minor jika seorang anak dilahirkan disertai dengan kematian ibunya. Tidak jarang anak yang dianggap “membawa sial” ini ditolak keluarga dan diserahkan kepada orang lain untuk di asuh. Yakub tidak mau jika nama Ben Oni membebani anak bungsunya itu dan nantinya merasa bertanggungjawab atas kematian ibunya. Sebab itulah Yakub memberi nama Benyamin, dan inilah satu-satunya anak Yakub yang dipanggil sesuai nama pemberian ayahnya.
Jangan takut! Sekalipun hidup Anda kelihatannya banyak persoalan, Allah tetap menyediakan berkat-berkat-NYA. Sekalipun Anda melewati masa-masa yang sukar, Gada dan tongkat-NYA siap membela dan menghibur Anda. Semakin besar kesulitan yang Anda hadapi, semakin besar pula berkat yang akan Anda terima. 


Kej. 35:17
Sedang ia sangat sukar bersalin, berkatalah bidan kepadanya: "Janganlah takut, sekali inipun anak laki-laki yang kaudapat."

Seri : Jangan takut
Hari ke 4

No comments:

Post a Comment