Saturday 28 April 2018

JANGAN TAKUT 7


Seberapa besar kesalahan yang Anda buat di masa lalu, menentukan seberapa besar akibat yang akan dirasakan di masa yang akan datang. Jika karena kesalahan Anda sebatang pensil teman patah, maka tinggal beli pensil yang baru dan permasalahan selesai. Jika karena Anda seseorang terjatuh sehingga luka, maka Anda bawa dia ke klinik, diobati dan saat lukanya sembuh, maka masalah berakhir. Tetapi jika karena kesalahan Anda mengakibatkan kaki teman dekat patah serta mengalami cacat permanen, maka seumur hidup rasanya akan menanggung kesalahan meski teman sudah memaafkan. Atau jika Anda dahulu seseorang yang pemimpin menindas semau sendiri terhadap anak buah, sekarang posisinya terbalik. Sangat mungkin Anda ketakutan, jangan-jangan bekas anak buah Anda akan memperlakukan Anda seperti dulu dia diperlakukan.
Yehuda dan saudara-saudaranya membuat sebuah kesalahan yang fatal terhadap Yusuf. Karena kecemburuan dan sikap sombong Yusuf, pikiran mereka dibutakan, tega menjual adiknya itu kepada saudagar Midian. Rasa bersalah masih bisa ditutupi selama Yakub ayahnya masih hidup. Dalam Kejadian 49, Yakub akhirnya meninggal. Ini menjadi pukulan bagi anak-anak Israel. Jika Yusuf dan Benyamin merasa kehilangan karena ditinggal mati ayahandanya, anak-anak Israel lain bukan saja merasa kehilangan ayah tetapi juga kehilangan pelindung yang membuat mereka masih selamat dari dendam Yusuf.
Dalam ketakutan seperti itulah, TUHAN lewat Yusuf berkata: JANGAN TAKUT.
Jika Anda berbuat kesalahn fatal di masa lalu, tidak fair rasanya jika memakai berbagai alasan untuk pembenaran kesalahan, atau memakai nama orang lain untuk menyelamatkan diri. Seberapapun besar kesalahan tetap bisa dipergunakan oleh ALLAH untuk mereka-rekakan perkara yang besar utnuk kebaikan Anda. Orang yang banyak membuat alasan sesungguhnya orang kerdil yang tidak akan pernah bisa menjadi besar. Alasan tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Datang dan akui kesalahan, mohon ampun, buat perdamaian. Itu menunjukkan bahwa Anda adalah orang dewasa dan siap menjadi besar. Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
Ini berarti, dalam kesalahan sekalipun ALLAH tetap bekerja agar hal buruk diubah menjadi baik. Catatan: HANYA UNTUK YANG MENGASIHI ALLAH DAN TERPANGGIL SESUAI DENGAN RENCANA-NYA.
Selamat hari MINGGU, selamat berjuang. TUHAN YESUS memberkati.


Kejadian 50:19 – 20
Tetapi Yusuf berkata kepada mereka: "Janganlah takut, sebab aku inikah pengganti Allah?
Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

Seri: JANGAN TAKUT
Hari ke – 7

No comments:

Post a Comment