Tuesday 1 May 2018

JANGAN TAKUT 9


Orang Israel sedang berkemah di Pi- Hahirot. Mereka sedang dalam euforia besar mengingat mujizat yg baru saja mereka saksikan. 10 hukuman terhadap Mesir, jarahan besar harta Mesir, terbebas dari perbudakan dan kini sedang menuju tanah perjanjian yg berlimpah susu dan madu. Euforia ini tidak saja milik mereka tetapi juga dirasakan orang-orang dari pelbagai bangsa yg turut bergabung. 

Sayang kegembiraan ini tidak berumur lama! Di depan mereka laut Teberau, memang seharusnya bukan masalah jika Anda di tepi laut apalagi untuk berkemah. Laut Teberau menjadi masalah karena dibelakang mereka orang Mesir telah mengurung dengan tujuan membawa kembali ke perbudakan. Kini laut Teberau yg tadinya wisata alam sekarang seperti jurang maut yg siap memangsa mereka.
Ketika ketakutan besar melanda dan kelihatannya tdk ada jalan keluar, maka mencari kambing hitam adalah cara paling mudah. Orang Israel segera menyalahkan Musa sebagai biang dari persoalan yg saat ini mereka hadapi. Dalam Keluaran 14, mereka protes keras kepada Musa, karena bagi mereka hidup sebagai budak tetap lebih baik dibanding mati konyol di padang kebebasan. 

Saya bisa paham ketakutan orang-orang ini. Bayangan kekejaman tentara Mesir masih melekat kuat di memori orang Israel. Tidak berbuat salah saja kadang masih dipersalahkan dan terima siksaan, apalagi kini mereka lari meninggalkan perbudakan. Sebuah kesalahan besar dengan hukuman yg tdk terbayangkan. Trauma yg tidak mudah hilang.

Jika Anda memiliki trauma yg tidak segera dibereskan, itu sangat mempengaruhi seluruh kehidupan Anda. Banyak orang yang sampai dewasa selalu mencari alibi untuk sebuah pembenaran atas kesalahannya. Orang ini cenderung melemparkan kesalahan pada orang lain atau hobi mencari kambing hitam. Sangat besar kemungkinan masa kecilnya selalu diposisikan salah. Saat itu dia akan mencari alasan untuk sebuah tindakan dan berudaha melemparkan kesalahan kepada orang lain.

Dalam ketakutan yang besar, Musa berkata JANGAN TAKUT. Sikap Musa berbeda karena Musa dididik di kerajaan yg menumbuhkan sikap percaya diri. 

Ketika jalan kelihatannya buntu, sesungguhnya pintu sorga selalu terbuka! Ketika di goa Adulam, Daud mengalami jalan buntu. Kiri, kanan, atas, bawah dan belakang dinding goa, sementara di depan Saul dan tentaranya siap menghabisi Daud. Tetapi Daud memiliki pengharapan kepada TUHAN. AG Bell berkata: saat seluruh pintu tertutup, saya bisa melihat pintu sorga selalu terbuka siap menjawab persoalanku.

Jika masalah Anda kelihatannya tidak mungkin terpecahkan, hidup Anda berada di ujung tanduk, lihat dan berharaplah ke atas. DIA dari Sorga berkata: JANGAN TAKUT.

Keluaran 14:13
Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya.


Seri: JANGAN TAKUT
Hari ke - 9


No comments:

Post a Comment