Wednesday 23 May 2018

JANGAN TAKUT 16


Manusia diciptakan sebagai HOMO LABORANS. Semenjak awal penciptaan, Tuhan sudah memberi kepercayaan kepada manusia untuk bekerja: TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. (Kej 2:15).

Homo laborans adalah istilah yang berasal dari bahasa latin. Artinya secara umum adalah manusia pekerja. Kata homo adalah manusia, dan kemudian ada beberapa kata yang dipadankan pada homo tersebut. Misalnya homo erectus, homo sapiens dsb.

Dalam Encycklopedia  Americana kata labor di definisikan sebagai badan atau jasmani, selain itu juga dikatakan sebagai usaha mental manusia untuk mencapai suatu objek yang lain di luar kesenangannya sendiri. Pernyataan ini mau menjelaskan bahwa labor itu adalah sebuah tindakan yang tujuannya bukan ke dalam tetapi ke luar. Tindakan itu bersifat memberi dan melayani. Artinya meskipun dikatakan sebagai pekerja, kata labor bisa dikatakan juga sebagai aktualisasi diri. Manusia hanya dapat mengenal potensi dirinya lewat sebuah tindakan yang nyata. Tindakan itu tentu saja mengarah ke pekerjaan.

Jadi tidak ada satupun alasan yang membenarkan manusia tidak bekerja. Bahkan untuk pemalas, Alkitab memberi catatan panting:
Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak (Ams 6:6). Ini catatan sarkasme! Pemalas tidak layak belajar kepada manusia, tapi belajar kepada hewan.
Seperti cuka bagi gigi dan asap bagi mata, demikian si pemalas bagi orang yang menyuruhnya. (Ams 10:26)
Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan. (II Tim 3:10)

Kalimat ke -16 JANGAN TAKUT dalam Alkitab merupakan encourage dari MUSA kepada Israel, khususnya Joshua yang akan menggantikan kepemimpinan-nya, untuk mengambil sebuah tindakan sebagai aktualisasi iman bahwa KANAAN adalah milik pusaka yang sudah TUHAN berikan kepada mereka.  Memang TUHAN sudah menjanjikan bahwa tanah tersebut akan menjadi milik Israel, namun bukan berarti Israel menunggu saja. Harus ada tindakan untuk merebut dengan kerja keras. Sebagai jaminan, TUHAN berjanji menyertai dalam setiap pertempuran sehingga mereka mendapat jaminan memperoleh kemenangan. Dan itu yang Israel dapatkan.

Jika Anda percaya kepada janji-janji TUHAN lewat Firman-NYA atau Anda mendapatkan lewat nubuatan atau penglihatan, pastikan Anda bekerja keras berjalan bersama TUHAN untuk meraihnya. Saya menyayangkan jika ada seseorang (terutama para pria) yang tidak mau bekerja. Orang ini sudah keluar dari salah satu maksud dan tujuan diciptakan-nya manusia sebagai mahluk pekerja, sudah melawan takdir ALLAH!

Berjuanglah! Jalan di depan mungkin terjal, ada banyak kota berkubu, prajurit yang kuat, raksasa-raksasa, jangan takut sebab TUHAN bersama dengan Anda untuk meraih apa yang menjadi bagian perjanjian Anda dengan TUHAN.

Ulangan 3:22
Janganlah takut kepada mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berperang untukmu.

Seri Jangan Takut
Bagian ke – 16





No comments:

Post a Comment