Thursday 3 May 2018

JANGAN TAKUT 12


Kata JANGAN TAKUT ke 12 dalam Alkitab masih terdapat dalam Bilangan 14:9 “Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka."

Konteks di frasa pertama agar Israel tidak memberontak kepada TUHAN. Kemarin kita bahas akibat ketakutan Israel mereka memberontak perintah TUHAN lewat Musa. Akibatnya mereka dipermalukan lawan dan harus berputar 38 tahun lagi di padang gurun.
Frasa kedua berbicara tentang penyertaan TUHAN membuat pelindung orang-orang Kanaan pergi karena tidak sanggup melawan kehadiran TUHAN. Kata “yang melindungi” juga berarti bayangan. Yunus 4:6 mengisahkan bagaimana Yunus bersukacita karena Allah menumbuhkan pohon jarak yang bayangannya melindungi Yunus dari sinar matahari. Namun keesokan harinya karena ulat, maka pohon itu layu dan tidak bisa melindungi Yunus lagi. Yehezkiel 13:2,31 melukiskan bahwa bangsa-bangsa yang kuat adalah seperti pohon di mana bangsa lain dipaksa berteduh dibawah bayangannya. Jadi bayangan berarti kekuatan.

Apa yang terjadi di alam yang terlihat sesungguhnya diawali dari yang tidak terlihat. Ketika Anda menghadapi sebuah persoalan, sesungguhnya penyelesaiannya sudah ditentukan dalam alam spirit. Israel menghadapi raksasa Kanaan yang menakutkan, sesungguhnya Tuhan sudah menyelesaikan, sayang Israel tidak bisa melihat hal itu.  Raksasa Goliath sebenarnya sudah dikalahkan karena Israel adalah barisan ALLAH yang hidup sehingga penyertaan-NYA membuat kalang kabut bayangan yang menjadi pelindung Goliath dan Filistin. Saul dan Israel tidak melihat ini, sehingga 40 hari mereka Cuma berhadap-hadapan tanpa aksi nyata Saul. Berbeda dengan Daud, semenjak datang keperkemahan dia sudah tahu bahwa Goliath sudah kehilangan tudungnya. Daud bergerak dalam nama TUHAN dan memenangkan peperangan itu.

Gehazi bangun pagi-pagi. Betapa terkejutnya ketika melihat tentara Aram mengepung Dotan, tempat Gehazi dan Elisa tinggal. Tentara Aram memang diperinthakan untuk menangkap Elisa. Dalam ketakutan itu Gehazi lapor kepada Elisa. Namun Elisa sudah melihat penyertaan TUHAN (II Raj 6), Tuhan membuka mata Gehazi agar bisa melihat betapa besarnya pasukan yang TUHAN siapkan dalam penyertaan-NYA.

Yang penting di sini adalah hubungan yang intensif dengan TUHAN setiap hari. JANGAN TAKUT jika ada raksasa persoalan yang menghadang, sesungghnya yang menyertai mereka sudah undur karena hubungan karib Anda dengan TUHAN mendatangkan penyertaan-NYA. Jangan berlagak siap jika hubungan Anda dengan TUHAN tidak intens. Anak-anak Skewa (KPR 19) karena mendengar setan kabur hanya dengan mantera; “Dalam Nama Yesus” seperti yang diucapkan Paulus mencoba mempraktekkan, karena dia pikir setan takut dengan mantera. Yang terjadi  Setan mempermalukan mereka: "Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?"  Tetaplah memiliki hubungan karib dengan TUHAN meski keadaan aman dan biasa saja. Pastikan di alam roh setan tahu siapa Anda!

Bilangan 14:9
Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka.

Seri: JANGAN TAKUT
Hari ke – 12

No comments:

Post a Comment