Sunday 6 May 2018

JANGAN TAKUT 13


Anda pernah membuat keputusan yang salah??? Israel melakukan itu. Keputusan suara mayoritas membuat mereka menentang keputusan TUHAN. Akibatnya mereka harus berputar-putar di Padang Gurun. Di bawah kepemimpinan MUSA, Israel segera bangkit dari keputusan yang salah itu. Memang ada harga yang harus dibayar yakni membutuhkan waktu yang lebih panjang, tetapi ketika mereka setia (meski dengan riak-riak yang menyertainya), pada akhirnya mereka mulai mendekati tanah Kanaan, tanah yang dijanjikan TUHAN itu.

Setiap keputusan Anda memiliki harga yang harus dibayar. Minimalkan harga yang harus Anda bayar dengan setia berlutut di Kaki-NYA, perenungan akan Firman-NYA.

Meski keputusan yang dibuat Israel salah, tetapi; Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Allah tahu kekuatan dan mental Israel; Setelah Firaun membiarkan bangsa itu pergi, Allah tidak menuntun mereka melalui jalan ke negeri orang Filistin, walaupun jalan ini yang paling dekat; sebab firman Allah: "Jangan-jangan bangsa itu menyesal, apabila mereka menghadapi peperangan, sehingga mereka kembali ke Mesir." (Kel 13:17) karena: Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. Sebab itulah Israel tidak lagi dibawa langsung ke Kanaan menghadapi perang besar, melainkan dibawa TUHAN memutar dan mulai dilatih menghadapi peperangan skala kecil. Israel merangsek ke daerah-daerah yang meraka lalui, juga ketika harus melawan salah satu kekuatan besar; BASAN dengan Og raja-nya, TUHAN berkata JANGAN TAKUT. Pelatihan-pelatihan ini TUHAN kerjakan sampai akhirnya Israel mendapatkan keparcayaan diri (apalagi setelah generasi budak Mesir mati di padang gurun). Mereka menjadi tentara yang tidak lagi takut, tetapi justru menakutkan banyak bangsa.

Kesetiaan TUHAN kepada umat-NYA memberikan jaminan perlindungan yang abadi. Tanpa kesetiaan-NYA mustahil mendapat pertolongan-NYA.

Meski keputusan Anda salah (dan memang tidak ada orang di dunia ini yang memiliki keputusan mutlak benar), dalam kesetiaan-NYA, Allah tetap menuntun Anda menggenapi panggilan Anda di muka bumi ini. Jadi JANGAN TAKUT, karena perlindungan ALLAH untuk Anda itu abadi.

Bilangan 21:34
Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Janganlah takut kepadanya, sebab Aku menyerahkan dia dengan seluruh rakyatnya dan negerinya ke dalam tanganmu, dan haruslah kaulakukan kepadanya seperti yang kaulakukan kepada Sihon, raja orang Amori, yang diam di Hesybon."

Seri: JANGAN TAKUT
Hari ke – 13




No comments:

Post a Comment