Monday 21 May 2018

JANGAN TAKUT 14

Salam sejahtera bagi kita semua. Setelah terhenti pada bagian ke - 13 kalimat Jangan Takut di Alkitab, kita sampai di bagian ke – 14 yang terdapat pada Ulangan 1:29.  

Kitab Ulangan di dalam masyarakat Yahudi, dikenal sebagai “Inilah perkataan-perkataan” atau hanya “Perkataan-perkataan” saja, seperti yang terdapat di dalam pasal 1:1, namun kitab ini juga mempunyai judul lain yaitu “Salinan Hukum Ini” yang terdapat dalam pasal 17:18. Sedangkan dalam bahasa Inggris kitab ini diberi judul “Deuteronomy” yang diambil dari LXX yang keliru menerjemahkan ucapan “Salinan Hukum Ini” sebagai “Hukum yang kedua”1, karena kitab ini berisi ikhtisar dari hukum yang telah diberikan di gunung Sinai, beserta dengan penjelasan hukum tersebut kepada generasi yang baru dari orang Israel, sebab mereka belum lahir atau belum dewasa saat pemberian hukum yang pertama kali. Kitab ini berisi amanat perpisahan Musa yang dalamnya ia mengulas kembali dan memperbaharui perjanjian Allah dengan Israel demi angkatan Israel yang baru. Mereka kini sudah mencapai akhir dari pengembaraan di padang gurun dan siap masuk ke Kanaan, saat mereka berada di tanah Moab yang berbatasan langsung dengan Kanaan. Ditulis tahun 1405 SM, pada tanggal 1 bulan kesebelas setelah 40 tahun pengembaraan mereka.


Salah satu bukti kesetiaan TUHAN ialah IA tidak pernah terlambat menolong kita dan juga IA tidak akan pernah lelah melindungi kita.

Meskipun 40 tahun mengembara di padang gurun, yang secara akali manusia tidak mungkin mereka bertahan, namun ALLAH membuktikan bahwa pemeliharaan-NYA melampaui akal manusia paling genius sekalipun. Pakaian, makanan, sepatu, minumnya, tempat tinggal bahkan lingkungan aman dari sengat panas dan tusukan dingin udara padang gurun dirasakan oleh Israel. Jika untuk Israel TUHAN menyatakan pemeliharaan-NYA, yakinlah Anda pun mendapat bagian yang sama (Mat. 6:25-34).

Ulangan 1:29
Ketika itu aku berkata kepadamu: Janganlah gemetar, janganlah takut kepada mereka;

Seri Jangan Takut
Bagian ke - 14



No comments:

Post a Comment