Tuesday 22 May 2018

JANGAN TAKUT 15


Generasi Ulangan 3 berbeda dengan Ulangan 1. Musuh yang mereka hadapi sama, yakni prajurit yang kuat, bahkan sebagian adalah para raksasa dan kota yang dibentengi dengan kuat. Generasi awal mendapatkan teror ketika mendengar cerita dari 10 pengintai yang melihat, itu membuat mereka takut. Generasi Ulangan 3 atau 40 tahun kemudian, juga menghadapi musuh dengan kekuatan yang sama, yakni para raksasa.  Contohnya Og, raja Basan kemungkinan memiliki tinggi lebih dari 5 m (ayat 11 memberi tahu bahwa panjang tempat tidurnya 9 hasta/5,4 m dengan lebar 4 hasta/1,8 m; band. dengan Goliath yang memiliki tinggi sekitar 3,6 m). Generasi ini sudah memandang realitas dengan  perspektif yang baru. Dulu mereka takut, tetapi perjalanan panjang bersama TUHAN di padang gurun meski dengan berbagai pembrontakan, sungut-sungut dan lainnya, membuat cara pikir mereka berubah. Mereka tidak lagi takut, kalau dulu terror hanya mereka dengar, sekarang terror mendatangi mereka ketika Og bersiap menyerang dengan berkemah di lembah Edrei. Bagi Tuhan tidak ada orang atau kerajaan yang terlalu kuat, tidak ada tembok yang terlalu tinggi, dan kota berkubu yang tidak dapat ditaklukkan. 

https://kitabhenokh.files.wordpress.com/2016/10/skeleton900.jpg?w=616 
Ilustrasi 
Ketika Anda mengambil keputusan untuk berjalan bersama dengan TUHAN, meski kadang menggerutu, marah dengan situasi karena ketidakpahaman, namun itu akan merubah perspektif berpikir Anda ketika menghadapi raksasa kehidupan dalam mengambil keputusan. 
Allah tidak akan pernah lupa dengan janji-janji-NYA. Lamanya waktu TIDAK membuat TUHAN LUPA pada janji-NYA. Gantinya generasi tidak membuat TUHAN ganti keputusan-NYA. Perasaan dan emosi manusia selalu berubah-ubah tidak membuat TUHAN berubah kasih setia-NYA sebab TUHAN dan janji-NYA “YA dan amin”. Meski 40 tahun mereka harus berputar, Kanaan tetap milik Israel. Mungkin Anda pernah menerima janji TUHAN, namun Anda merasa belum juga tergenapi. Jangan Takut, Allah tidak pernah lupa pada janji-NYA!
Ulangan 3:2
Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: Janganlah takut kepadanya, sebab Aku menyerahkan dia ke dalam tanganmu beserta seluruh tentaranya dan negerinya, dan perlakukanlah dia seperti yang kaulakukan terhadap Sihon, raja orang Amori, yang diam di Hesybon.

Jangan Takut
Bagian ke - 15

No comments:

Post a Comment