Friday 10 February 2023

JANGAN KUATIR

Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

Mazmur 55:23

         

            Ketika pagi hari kita membuka mata, maka kita sudah disuguhi sekkian banyak masalah yang harus diselesaikan hari itu. Mulai dari hal-hal kecil seperti gosok gigi, membersihkan badan, lapar, haus dan berbagai kebiasaan lain sampai pada hal-hal besar yang menyangkut berlangsungnya kehidupan. Hal-hal kecil yang biasa kita lakukan mungkin tidak menjadi masalah. Namun banyak juga hal-hal besar yang harus kita selesaikan. Dalam kesadaran sebagai mahluk yang terbatas dan tidak berdaya membuat rasa takut muncul, jika tidak mampu mengatasi maka kekuatiran akan menghantui manusia.

            Ayat di atas memberitahu kita bahwa Allah tidak pernah membiarkan kita. Namun kekhawatiran justru mendominasi sebagian hidup orang yang percaya. Keith Caserta berkata: "Khawatir adalah bunga yang Anda bayarkan atas utang yang mungkin tidak Anda miliki." Anda memikirkan sesuatu yang mungkin saja tidak akan pernah terjadi pada hidup Anda. Namun rasa khawatir sudah terlanjur menguras energy yang Anda miliki.

            Ada dua hal yang harus kita sadari menurut ayat di atas. Pertama bahwa Allah memelihara hidup kita. Seharusnya kita menjadi orang yang berbahagia karena ada jaminan bahwa setiap orang yang percaya dipelihara oleh Tuhan. Filipi 4:19 “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.” Dari ayat ini kita belajar bahwa pemeliharaan Allah memakai standar-Nya, bukan standar kita. Anda harus percaya bahwa pemeliharaan Allah atas hidup Anda dan keluarga dalam kualitas sempurna. Sering kita mendengar bahwa kita mengusahakan yang baik, tetapi Allah memberikan yang terbaik. Jadi, dalam situasi apapun Anda harus percaya bahwa Allah memlihara dengan rancanagn-Nya yang sempurna.

            Kedua, tidak selamanya dibiarkan orang benar goyah. Ini memiliki arti bahwa adakalanya Tuhan mengijinkan kita mengalami masa-masa sulit. Seluruh tokoh dalam Alkitab dan siapapun pasti pernah mengalami masa seperti ini. Namun yang pasti bahwa Tuhan ijinkan agar kita semakin kuat dalam pertumbuhan iman. “Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. “ Yakobus 1:2-3. Ada sebuah jaminan, bahwa masalah hanya sementara karena Allah tahu kekutana kita (I Kor 10:13)

            Anda boleh khawatir! Serahkanlah kekhawatiran Anda itu kepada Tuhan yang jauh lebih mengerti akan apa yang terjadi dan harus terjadi pada hidup Anda. Kita mengharapkan yang baik, namun Allah mau memberikan yang terbaik. Tuhan Yesus memberkati Anda dan keluarga.

 

No comments:

Post a Comment