Saturday 11 February 2023

MENGENAL SUARA

Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku

Yohanes 10:27

 

            Tahukah Anda bahwa Tuhan selalu berbicara kepada anak-anak-Nya dan kita harus mengenal suara-Nya. Namun kita banyak mendengar pertanyaan: “Bagaimana cara mendengar suara Tuhan?” Sayangnya pertanyaan ini biasanya diajukan ketika seseorang sedang mengalami sebuah persoalan, ingin segera persoalannya selesai, sementara pada hari-hari lain mereka sibuk dengan urusan sendiri tanpa mempedulikan Tuhan.

            Ada seorang Amerika yang sedang berkunjung ke peternakan domba sahabatnya di Australia. Dia memperhatikan bagaimana sahabatnya ini setiap pagi membawa keluar domba-dombanya dari kandang menuju padang penggembalaan. Kelihatannya asyik ketika melihat sahabatnya itu membawa domba peliharaannya dengan kostum koboy lengkap sambil membunyikan cemeti dengan bunyi khas. Ketika peternak ini teriak, seketika domba-domba peliharaannya keluar dari kandang dan mengikutinya. Kelihatannya mudah sekali. Lalu si Amerika ini belajar memainkan cemeti sampai ia bisa membunyikan persis seperti bunyi cemeti sahabatnya. Lalu ia mencoba menggembalakan domba-domba sahabatnya dengan meminjam kostum, kuda, sepatu dan cemeti sahabatnya. Setelah ia yakin memakai kostum lengkap itu, ia membunyikan cemeti dengan menunggang kuda kesayangan sang peternak. Berteriaklah ia memanggil domba-domba itu. Aneh, tidak satupun domba keluar meski pintu kandang terbuka lebar-lebar. Namun ketika sahabatnya meneriakkan satu kata, para domba segera berhamburan mengikuti tuannya.

            Mengapa domba-domba itu tidak mau keluar? Karena mereka tidak mengenal suara asing meski dibalut dengan atribut gembala. Domba-domba peka dengan suara gembalanya karena setiap hari mendengar. Dallas Willard berkata: Kegagalan kita untuk mendengar suara-Nya ketika kita ingin mendengar-Nya adalah fakta bahwa kita secara umum tidak ingin mendengar-Nya, bahwa kita menginginkan-Nya hanya ketika berpikir bahwa kita membutuhkan-Nya. Butuh pelatihan setiap hari agar Anda mengenal suara Tuhan. Tidak bisa hanya saat merasa membutuhkan.

            Bagaimana dengan domba-domba kecil, bukankah mereka belum terlalu sering mendengar suara gembala? Domba-domba kecil itu mengikuti kemana perginya induk domba atau domba-domba dewasa dalam kumpulan mereka. Pelatihan mendengar suara Tuhan juga membutuhkan pementoran dan pembapak-an secara rohani. Bagi Anda yang belum terlalu peka dengan suara Tuhan, membutuhkan seorang mentor atau bapak rohani yang melatih, membimbing dan membina Anda untuk belajar mengenali suara Tuhan. Paulus berkata: Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus (I Kor 11:1). Maka, carilah bapak rohani atau mentor rohani yang tepat.

            Di dunia ini tidak ada jenis kehidupan yang lebih manis dan menyenangkan selain percakapan terus-menerus dengan Tuhan; mereka hanya dapat memahami saat memperaktekkan dan mengalaminyaBrother Lawrence. Ketika Anda mencintai Firman, suatu saat Firman akan memberikan sesuatu yang besar kepada Anda. Tuhan Yesus memberkati.

 


No comments:

Post a Comment