Saturday 11 February 2023

MENYELESAIKAN PANGGILAN

TUHAN Allah berfirman: ”Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”

Kejadian 2:18

 

            Allah tidak pernah iseng menciptakan dunia terlebih manusia. Setiap kehadiran manusia berarti ada sebuah rancangan dan panggilan yang harus dilakukan.

            Dalam kejadian 2:15, untuk pertamakalinya manasia mendapat perintah, yakni mengelola dan memelihara taman Eden. Berkat dan panggilan itu diulang ketika manusia mendapat pasangan (Kej 1:27-28), namun kali ini tidak hanya terbatas di Eden, melainkan seluruh bumi.

Pernikahan Kristen adalah rencana Allah sejak penciptaan dunia. Allah merencanakan dan membangun pernikahan dalam konteks penciptaan. Pernikahan direncanakan dan dibangun oleh Allah menurut peta dan teladan-Nya. Pernikahan Kristen, merupakan ikatan resmi antara laki-laki dan perempuan, untuk menjalankan tanggung jawab pengelolaan dan pemeliharaan bumi. Melalui kesatuan yang dibangun dalam ikatan pernikahan, Allah menghendaki supaya mereka dapat saling melengkapi dan memberi keutuhan hidup sebagai makhluk sosial. Melalui pernikahan, Allah menghendaki supaya manusia dapat membangun keturunan sebagai pewaris dari tanggung jawab pengelolaan dan pemeliharaan bumi. Mengelola dan memelihara dalam arti menjaga kemurnian serta meneruskan tugas pemeliharaan itu kepada generasi ke generasi.

Pernikahan Anda tetap dalam frame panggilan Allah atas penciptaan secara utuh di bumi ini. Keluarga merupakan rancangan Allah agar bumi ini terus terpelihara. Ketika keluarga rusak, maka di sanalah tanda-tanda hancurnya dunia dan mulainya jaman baru (Mark 13:12). Anda dan keluarga sepertinya kecil dan hanya bagian sangat kecil dalam komunitas dunia ini. Namun ketahuilah, ada tanggungjawab besar yang Tuhan berikan bagi Anda dan setiap anggota dalam keluarga demi terpeliharanya dunia ini. Mulai ajarkan kepada anggota keluarga untuk melakukan hal-hal yang menjadi tanggungjawab mereka, meski kadang sepele. Seperti tidak merokok, yang bisa saja meracuni orang lain dan membuat polusi disekitarnya meski diantara jutaan perokok. Tidak membuang sampah sembarangan, meski di tengah masyarakat yang tidak disiplin. Pokoknya, ajar melakukan hal-hal baik yang membangun meski ditengah masyarakat yang merusak.

Anda dan keluarga harus menyelesaikan panggilan sampai akhir nanti didapati setia di hadapan Tuhan. Kiranya urapan Surga memampukan Anda dan keluarga menyelesaikan panggilan di bumi ini. Tuhan Yesus memberkati.

 


 

 

No comments:

Post a Comment