Friday 10 February 2023

SANG PEKERJA

Seperti pintu berputar pada engselnya, demikianlah si pemalas di tempat tidurnya.

Amsal 26:14


            Tidak ada satupun orang di dunia ini yang bermimpi untuk menjadi orang miskin. Semua orang menginginkan menjadi orang sukses. Salah satu berkat hebat yang Tuhan berikan kepada manusia adalah: Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: ”Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” (Kej 1:28). Allah melengkapi manusia dengan hikmat sehingga memungkinkan manusia menaklukkan bumi dengan kemauan yang keras.

            Kemauan atau ambisi manusia telah mampu menciptakan berbagai alat yang memungkinkan manusia menaklukkan apapun. Dari mulai binatang terkecil sampai terbesar dan terganas. Berbagai lapisan bumi dan jagad raya dapat dieksplorasi untuk kepentingan manusia. Sehingga manusia terus menerus mengalami kemajuan.

            Namun di tengah-tengah kemajuan hebat itu, tetap saja terselip manusia-manusia yang meleset dari rancangan Allah. Dari awal manusia diciptakan menjadi homo laborans atau mahluk pekerja (Kej 2:15). Namun ada saja orang-orang malas sehingga mengalami kesulitan hidup, memandang dunia sebagai tempat yang sulit, jahat, dan berbahaya. Albert Einstein berkata: "Dunia adalah tempat yang berbahaya untuk hidup; bukan karena orang-orang jahat, tetapi karena orang-orang yang tidak melakukan apa-apa.". Sesungguhnya bukan dunia, namun kemalasan yang membuat manusia gagal menikmati berkat Tuhan

            Amsal 21:25 : Si pemalas dibunuh oleh keinginannya, karena tangannya enggan bekerja. Ketika manusia memiliki ambisi  berusaha mewujudkan keinginannya, maka si pemalas pun tak luput memiliki begitu banyak cita-cita, namun selalu kandas karena enggan melakukan sesuatu.

            Saya percaya Anda bukan bagian yang terbunuh keinginan karena tidak melakukan apa-apa. Saatnya Anda berdoa untuk setiap keinginan Anda, kembali bangkit mewujudkan setiap ambisi. Seseorang harus memiliki ambisi, tetapi tidak boleh menjadi ambisius. Allah mengasihi setiap orang yang bekerja dengan baik sesuai panggilannya, namun tidak berkenan kepada mereka yang pemalas. Tuhan Yesus memberkati.

 

Pdm. Agus Sunaryo

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment