Saturday 11 February 2023

LIDAH

Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.

Amsal 18:21

 

            Tidak ada satu orangpun menikah tanpa membuat sebuah rancang bangun. Pernikahan dua orang pasti diawali oleh mimpi-mimpi indah tentang sebuah pernikahan. Setiap pasangan berusaha agar mimpi-mimpi indah tersebut terealisasi dalam pernikahan mereka.

            Salah satu sessi konseling pranikah yang saya bina dengan tema Visi pernikahan. Saya akan meminta pasangan untuk bercerita seperti apa bayangan mereka dalam waktu 5, 10 dan 15 tahun setelah mereka menikah kelak. Ada banyak mimpi dari anak-anak muda dihadapan saya, meski ada juga yang kesulitan bercerita. Mereka akan bercerita berapa anak yang akan hadir dalam pernikahan, kemana akan disekolahkan, bagaimana membiayai sekolah mereka. Atau bercerita bagaimana posisi mereka diperusahaan atau usaha yang akan mereka kerjakan. Tentu mimpi ini sangat penting, karena tanpa mimpi atau visi, keluarga akan kehilangan gairah.

            Salah satu kunci untuk mencapai kehidupan berbahagia dalam pernikahan tentu adalah lidah. Kalau kita mempersempit frame ayat di atas, dengan membatasi dengan frame pernikahan, maka baik atau tidak pernikahan, utuh atau hancurnya pernikahan salah satunya ditentukan oleh lidah. Kata-kata seperti apa yang sering keluar dari mulut sangat mempengaruhi psikologi pernikahan. Lewat penulis Amsal Tuhan memberikan pengertian, kehidupan nikah seperti apa yang kita inginkan, sesungguhnya tergantung dari lidah kita.

            Jika Anda menginginkan buah yang masin dalam pernikahan, jaga lisan Anda terhadap pasangan. Sebaliknya, jika Anda ingin mencicipi buah pahit, silahkan bicara sebebas-bebasnya.  Hari ini, buah pahit atau manis ada dalam keputusan Anda.

            Sesungguhnya Kata yang lepas dari lisanmu bukan lagi milikmu tapi milik yang mendengarkannya. Pasangan seperti apa yang Anda inginkan? Pernikahan seperti apa yang ada dalam pikiran Anda? Keluarga yang seperti apa yang Anda harapkan? Salah satunya ada di lidah Anda.

            Selamat mengendalikan lidah untuk memberkati pernikahan Anda. Tuhan Yesus memberkati.

 


No comments:

Post a Comment