Friday 10 February 2023

PENGHARGAAN

Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. 

Galatia 6:19

 

            Penghargaan! Siapa orang yang tidak menyukai sebuah penghargaan. Tentu sebuah kebanggan apabila kita mendapat penghargaan, karena itu berarti orang lain mengakui hasil kerja kita. Ada yang bangga ketika anaknya atau dirinya diwisuda dengan predikat cumlaude. Para atlet sangat bangga memamerkan medali yang berhasil diraih dan menerima banyak bonus. Anak-anak kita juga bangga ketika memamerkan plakat atau piala saat meraih ranking di sekolahnya.

            Banyak orang berpikir penghargaan adalah menerima sesuatu. Yang benar adalah, penghargaan diberikan ketika sesorang memberikan sesuatu. Para atlet peraih medali diguyur dengan bonus, tetapi sebenarnya telah memberikan waktu, energi dan kemampuan saat berlatih dan bertanding. Bahkan latihan yang harus dijalani bisa berbulan-bulan, padahal pertandingan mungkin hanya satu jam. Anak-anak memamerkan piala ketika menerima rangking, padahal ia harus berjuang selama 6 bulan untuk belajar. Pada intinya, penghargaan bukan saat menerima, melainkan sudah memberikan sesuatu.

            Demikian juga jika kita ingin menerima penghargaan dari Tuhan. Menurut kitab Galatia, setiap orang berhak untuk menerima tuaian, tetapi ada yang harus ditabur, yakni berbuat baik secara terus menerus. Kelemahan kebanyakan orang adalah kurang sabar atau terburu-buru. Ketika itu terjadi, jangan heran hasilnya menjadi kurang maksimal bahkan cebderung gagal.

            Jika Anda menginginkan sebuah penghargaan, itu berarti bukan menerima melainkan Anda harus memberi sesuatu dengan cara yang baik dan benar. Allah mengharagai setiap proses kehidupan. Ada banyak yang Tuhan siapkan untuk Anda, tetap fokus dengan Firman Tuhan, jangan jemu-jemu berbuat baik. Tuhan Yesus memberkati kita semua

 


No comments:

Post a Comment