Friday 10 February 2023

KESELAMATAN

Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu. Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Efesus 2:1-2

 

            Setiap yang hidup di dunia ini pada akhirnya akan mengalami kematian. Dunia yang telah rusak akibat manusia sesungguhnya hanya bisa menawarkan kematian. Meski dunia menawarkan kemewahan, kesenangan, kebahagiaan dan tawaran lain yang menggiurkan sehingga banyak orang terhanyut oleh tipu dayanya, puncaknya tetap menawarkan kematian. Bahkan Yesus ketika menginjakkan kaki di bumi yang sudah dikutuk ini pada akhirnya harus menerima hadiah dunia; KEMATIAN.

            Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Efesus mengingatkan kepada kita semua bahwa kitapun dulunya, sebelum menerima Kristus adalah orang-orang yang sudah mati. Ketika Adam jatuh dalam dosa, maka saat itu umur manusia mulai dihitung dan manusia yang kelihatan hidup mulai menua dan akhirnya mati. Akibat dosa manusia pertama, maka seluruh keturunannya  yang ada karena benih laki-laki dan lahir dari rahim wanita menanggung dosa asal yang mengakibatkan kematian. Sebab upah dosa adalah maut  (Roma 6:23)

            Itulah sebabnya Kristus harus turun ke dunia ini, agar kita memperoleh keselamatan. Yohanes 10:10 memberi tahu bahwa pencuri datang hanya untuk mencuri, membunuh dan membinasakan. Dunia sesungguhnya hanya bisa membunuh dan membinasakan. Terlepas apapun yang ditawarkan dunia, namun akhirnya menuju kepada jurang kematian yang dalam. Namun Yesus datang agar kita memperoleh hidup dan memperolehnya dalam kelimpahan. Sebab itu Paulus mengingatkan agar kita tidak bermegah, merasa berjasa bahwa kita memperoleh keselamatan (Ef 2:8-9). Bersyukurlah bahwa ditengah-tengah tawaran kematian, saya dan Anda memperoleh tawaran lain, yakni kehidupan kekal bersama Kristus (Ef 2:6).

            Jangan sia-siakan pengorbanan Kristus di kayu salib. Anda harus memberi makna bagi kehidupan yang Anda jalani sebab Anda berharga di mata-Nya. Berilah makna keselamatan yang telah Anda terima dengan melakukan segala sesuatu dalam frame bahwa anda berharga dan sudah diselamatkan (Fil 2:12). Kiranya Tuhan Yesus memberkati Anda hari ini.

 


 

No comments:

Post a Comment