Sunday 22 January 2023

HOMO LABORANS 2

 

dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan TUHANlah pertempuran dan Ia pun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.”

II Samuel 17:47

 

            Saya bisa membayangkan wajah ketakutan prajurit Israel. Goliath yang menantang mereka bertarung satu lawan satu, bukanlah satu-satunya raksasa di barisan orang Filistin, mengingat di Gat ada orang-orang Enak yang keturunan raksasa. Daud berbeda dengan orang Israel yang lain. Daud memiliki keyakinan bahwa akhir perang tidak ditentukan oleh gagahnya prajurit atau canggihnya senjata, melainkan: Sebab di tangan TUHAN-lah pertempuran.

            Antusiasme Daud menghasilkan kemenangan, dan itu membuat rakyat yang sudah pasrah bangkit semangatnya. Maka bangkitlah orang-orang Israel dan Yehuda, mereka bersorak-sorak lalu mengejar orang-orang Filistin sampai dekat Gat dan sampai pintu gerbang Ekron. Daud antusias dalam peperangan, sehingga memberi harapan akan sebuah kemenangan, yang bahkan menular kepada prajurit yang sudah pasrah.

Perhatikan bagaimana antusiasme Anda dapat menyalakan api orang lain. Beginilah cara kita membangunkan dunia. Antusias berasal dari bahasa Latin En-Theo, di dalam TUHAN. Jangan pernah merasa percaya dan dalam penyertaan TUHAN jika menghadapi masalah lalu menyerah. Amsal 24:10 berkata: Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.

Hari ini, mungkin yang Anda hadapi bukan saja Goliath, tetapi raksasa-raksasa lainnya. Entah ekonomi, status social, dalam dunia kerja, atau masalah yang lain. Berhenti mengasihani diri sendiri. Engkau kurang diperhatikan. Engkau kurang dihargai. Engkau kurang diperlakukan spesial. Akhirnya tipuan ini benar-benar kita percayai dan kita mulai merasa diri kita memang seharusnya diperlakukan dengan baik. 

Bangkitkan antusias dalam diri Anda. Jangan percaya dengan tipuan dunia, Sebab di tangan TUHAN-lah pertempuran. Tuhan Yesus memberkati.

No comments:

Post a Comment