Sunday 22 January 2023

TIANG AWAN DAN TIANG API 2

 

Untuk menjadi pengikut Musa mereka semua telah dibaptis dalam awan dan dalam laut.

I Korintus 10:2

 

            Israel selama 40 tahun bermigrasi dari tanah Mesir menuju Tanah Perjanjian. Sebagian besar perjalanan harus melewati padang gurun. Salah satu tantangan yang harus dihadapi orang Israel di padang gurun adalah cuaca yang ekstrem. Suhu pada siang hari bisa mencapai 60 derajat, sementara di malam hari bisa turun dibawah 0 derajat. Dalam cuaca yang sedemikain ekstrem, tidak akan ada orang yang bisa bertahan hidup. Dalam situasi seperti ini, Allah hadir sebagai pelindung bagi umat-Nya pada siang hari dengan tiang awan agar suhu menjadi lebih sejuk, sementara pada malam hari dengan tiang api agar udara menjadi hangat -  selain untuk penerangan bagi orang Israel -, baik saat berkemah maupun dalam perjalanan. Jika ada orang yang semaunya sendiri, keluar dari perlindungan tiang awan dan tiang api, niscaya tidak akan mampu bertahan hidup.

             Allah adalah perlindungan bagi semua orang yang percaya dan berharap kepada-Nya. Hari-hari ini kita seperti sedang dalam sebuah perjalanan menuju Tanah Perjanjian kita, yakni Yerusalem yang baru. Semenjak manusia jatuh dalam dosa, maka sebagian besar perjalanan kita seperti berada di tengah-tengah padang gurun. Banyak tantangan yang kita hadapi selama perjalanan kemusafiran. Tanpa perlindungan dari Tuhan, maka Anda dan saya tidak memiliki daya. Jangan pernah meninggalkan Tuhan apapun keadaannya, karena tiang awan dan tiang api dari Tuhan siap memberi perlindungan-Nya.

            Anda mungkin saat ini ada di sebuah Oase, tempat yang cukup nyaman, namun yang lain sedang di padang gurun yang jauh dari kata nyaman. Tetaplah berada dalam tudung perlindungan Tuhan. Jangan pernah lari dari Tuhan, sebab orang yang lari dari Tuhan seperti carang anggur yang dipotong dari pokoknya. Memang kelihatan hidup dan masih segar, namun sedang menuju kepada kematian yang sesungguhnya.

            Kiranya, tiang awan dan tiang api dari Tuhan tidak pernah beranjak dari hidup Anda semua. Tuhan Yesus memberkati

No comments:

Post a Comment