Sunday 22 January 2023

TIANG AWAN DAN TIANG API 3

 

Dan setiap kali awan itu naik dari atas Kemah, maka orang Israel pun berangkatlah, dan di tempat awan itu diam, di sanalah orang Israel berkemah.

Bilangan 17:40

 

            Musa memiliki pengalaman keluar-masuk tanah Mesir ketika lari dari kejaran Firaun dan saat kembali ke Mesir untuk membawa Israel keluar dari sana. Saya tidak tahu, apakah Musa sempat mengunjungi tanah nenek moyangnya di Palestina atau tidak. Yang pasti, Alkitab hanya mencatat bahwa Musa lari ke tanah Midian, sebuah tempat di teluk Akaba dekat dengan Laut Merah.

            Sekarang Musa harus memimpin Israel menuju ke Tanah Perjanjian, tempat yang belum diketahui Musa. Beruntung Musa belum pernah mengetahui tempat itu, karena kalau tahu tempatnya, mungkin Musa akan membawa mereka melewati tanah Filistin yang jauh lebih dekat. Kalau Musa membawa mereka lewat jalan ini, sangat besar kemungkinan mereka tidak akan sampai ke Palestina, melainkan balik ke Mesir (Kel. 13:17-18). Kini Musa bergantung sepenuhnya kepada tuntunan Tuhan lewat tiang awan dan tiang api. Lewat cara ini, Tuhan bukan saja menuntun mereka ke Palestina, tetapi juga menghindarkan Israel dari kemungkinan pembrontakan karena kekecewaan menghadapi pedang orang Filistin.

            Dalam perjalanan hidup, kadang kita diperhadapkan pada masalah yang sulit. Kehilangan relasi, penurunan omset, ditinggal sahabat, bahkan menghadapi kematian orang yang kita kasihi. Dunia bisa saja kita anggap runtuh. Namun, orang yang berharap kepada Tuhan, selalu mengandalkan Tuhan akan sadar bahwa segala yang terjadi Tuhan ijinkan untuk menuntun kita ke tujuan sebenarnya, yakni Yerusalem baru. Sebagaimana Israel menghadapi berbagai tantangan di padang gurun, kitapun menghadapi tantangan di padang gurun kehidupan. Jika Israel dipelihara dan dituntun Tuhan, maka tiang awan dan tiang api tidak akan pernah meninggalkan Anda dan saya.

            Kuatkan dan teguhkan hatimu, jangan menyimpang dari kebenaran Firman. Maka Anda akan menjumpai hidup Anda terpelihara dan dituntun sampai pada tujuan hidup Anda. Tuhan Yesus memberkati.

No comments:

Post a Comment