Sunday 22 January 2023

MELIHAT TERANG DALAM TERANG

 

Sebab pada-Mu ada sumber hayat, di dalam terang-Mu kami melihat terang.

Mazmur 36:9

 

          Banyak perdebatan di dunia ini, bagaimana Yesus disebut Tuhan. Anehnya, orang Kristen ikut-ikutan dalam perdebatan yang kadang justru menimbulkan kepahitan bagi lawan debatnya. Kita wajib memberi kesaksian akan Ke-Allahan Kristus, namun sebisa mungkin hindari debat kusir.

          Ayat di atas memberikan pemahaman bahwa sumber hayat hanya ada dalam Allah, orang yang tidak mengenal Allah tidak mungkin memiliki hidup. Memang manusia hidup secara jasmani, tetapi mengalami kematian rohani ketika jatuh dalam dosa. Hidup manusia akan dikembalikan kepada kodratnya ketika manusia percaya kepada Tuhan.

          Hidup dan terang tidak bisa dipisahkan, termasuk dalam perkara rohani. Sebelum Allah menciptakan kehidupan, maka Allah terlebih dahulu menciptakan terang. Dan Terang yang sesungguhnya sudah hadir, hanya saja manusia tidak mengenal-Nya (Yohanes 1:10-11). Bersyukur bahwa saya dan Saudara sudah ditebus sehingga bisa melihat terang dalam Kristus (Yoh 1:4-5)

          Harusnya bukanlah hal yang aneh, jika orang sulit untuk memahami Ke-Allahan Kristus, atau sulit memahami kebenaran Alkitab. Jelas Firman Allah adalah terang, tetapi tanpa pimpinan dan bimbingan Roh Kudus, tidak ada satupun yang sanggup melihat terang.

          Jadi hari ini, Saudara kembali dalam aktivitas. Jika ada orang yang meragukan Yesus, Firman Allah atau pemeliharaan Allah, Saudara bisa memahami bahwa mereka tidak dalam terang. Tugas kita menyaksikan kebenaran Firman yang adalah Terang bagi hidup manusia, tugas Allah yang akan menerangi hati mereka, sehingga merekapun bisa MELIHAT TERANG tanpa perlu perdebatan.

Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus memberkati.

No comments:

Post a Comment